Apa Yang dimaksud Dengan Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka?

Proses pembelajaran dalam Kampus Merdeka merupakan salah satu perwujudan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) yang sangat esensial. Pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya. Melalui program merdeka belajar yang dirancang dan diimplementasikan dengan baik, maka hard dan soft skills mahasiswa akan terbentuk dengan kuat.

Tujuan adanya kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Ambon adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya.

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka ini diharapkan dapat menjawab tantangan Perguruan Tinggi khususnya Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Ambon untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat.

Bagaimna Rancangan Implementasi Kampus Merdeka-Merdeka Belajar?

Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pada Pasal 18 disebutkan bahwa pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan dapat dilaksanakan: 1) mengikuti seluruh proses pembelajaran dalam program studi pada perguruan tinggi sesuai masa dan beban belajar; dan 2) mengikuti proses pembelajaran di dalam program studi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar dan sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar program studi.
Melalui Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, mahasiswa memiliki kesempatan untuk 1 (satu)
semester atau setara dengan 20 (dua puluh) sks menempuh pembelajaran di luar program studi pada Perguruan Tinggi yang sama; dan paling lama 2 (dua) semester atau setara dengan 40 (empat puluh) sks menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di PerguruanTinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di Perguruan Tinggiyang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar Perguruan Tinggi. Pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui
kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya.

Gambar 1. Rancangan Proses Kampus Merdeka

MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA
“HAK BELAJAR TIGA SEMESTER DI LUAR PROGRAM STUDI”

A. Persyaratan Umum

  1. Mahasiswa S1/D3 berasal dari Program Studi yang
    Terakreditasi.
  2. Mahasiswa Aktif yang terdaftar pada PDDikti
  3. Mahasiswa yang telah menyelesaikan empat (4) semester
  4. Mahasiswa bersedia mengikuti program kegiatan luar prodi sesuai dengan ketentuan pedoman akademik yang berlaku

B. Pelaksanaan

  1. Mahasiswa melapor ke Dosen Pembimbing Akademik/Wali dan merencanakan bersama Dosen Pembimbing Akademik mengenai program mata kuliah/program yang akan diambil di luar prodi. 
  2. Mahasiswa mendaftar program kegiatan di luar prodi sesuai yang ditawarkan oleh program studi/perguruan tinggi.
  3. Mahasiswa mengambil SKS di luar perguruan tinggi paling lama 2 semester atau setara dengan 40 SKS.
  4. Mahasiswa mengambil SKS di program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang sama sebanyak 1 semester atau setara dengan 20 SKS
  5. Mahasiswa melengkapi persyaratan kegiatan di luar program studi sesuai kegiatan yang dipilihnya.

Kegiatan Apa saja yang dilaksanakan dalam Kampus Merdeka?

Kegiatan proses pembelajaran di luar program studi dalam Kampus Merdeka antara lain: magang atau praktik kerja, proyek di desa, pertukaran pelajar, riset, wirausaha, studi independen, proyek kemanusiaan dan mengajar di sekolah. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat dikelola oleh program studi ataupun di bawah koordinasi direktorat terkait di lingkungan Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Ambon.

BENTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Program Magang/Praktik Industri

Program magang 1-2 semester, memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa, pembelajaran langsung di tempat kerja (experiential learning). Selama magang mahasiswa akan mendapatkan hardskills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dsb.), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dsb.).

Kriteria Mahasiswa yang boleh mengikuti dan mendaftar Program Magang

  1. Mahasiswa masih dinyatakan aktif dalam proses perkuliahan
  2. Minimal Semester 5 pada Agustus 2021
  3. Memiliki IPK Akhir minimal 3,00
  4. Tidak sedang mengikuti kegiatan kampus merdeka yang lain
  5. Siap Berkomitmen selama 1 semester Penuh

2. MEMBANGUN DESA/KULIAH KERJA NYATA TEMATIK

3. PERTUKARAN PELAJAR

4. PENELITIAN/RISET

5. WIRAUSAHA

Siapkan Kariermu jadi Developer Profesional bersama Studi Independen Bersertifikat Batch Kedua (2022)

Pendaftaran Program Magam Studi Independen Bersertifikat sedang dibuka.

Bagi mahasiswa/i ITb Stikom Ambon, yang mau mengikuti program ini, Silahkan daftarkan diri anda segera sebelum berakhir.

Siapkan Kariermu jadi Developer Profesional bersama Studi Independen Bersertifikat Batch Kedua (2022)

X dicoding Batch Kedua (2022)

Informasi lengkap terkait pendaftaran X Dicoding dpt anda akses di link berikut :

dicoding.id/kampusmerdeka

Pendaftaran Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus merdeka dibuka Minggu ini sepanjang Desember 2021.

Daftarkan dirimu mengikuti program mentoring persiapan Kampus Merdeka terbesar di Indonesia sekarang juga!

Magang dan Studi Independen Kampus merdeka Batch Kedua dibuka pada awal Desember 2021. Yuk persiapkan dirimu dengan rangkaian webinar dan program mentoring dengan 400+ intern Kampus merdeka batch kedua bersama Pathseeker.

Daftarkan dirimu dalam rangkaian Kampus Merdeka Preparation with Pathseeker via linktr.ee/pathseeker.id

yuk daftarkan diri anda dalam rangkaian Kampus Merdeka Indonesia Jaya Bersama Bangkit 2022.

g.co/bangkit

Program Magang Penerbit BRIN
Periode 1 Tahun 2022

Yuk daftarkan diri anda segera pada link dibawah ini

https://bit.ly/magang5penerbitBRIN

2. Kampus Megajar

Kampus Mengajar adalah sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama 1 (satu) semester untuk membantu para guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi. Melalui program ini, mahasiswa bisa membaktikan ilmu, keterampilan, serta menginspirasi para murid sekolah dasar dan menengah tersebut untuk memperluas cita-cita dan wawasan mereka.

Mengapa Ikut Kampus Mengajar

Terlibat langsung dalam pelaksanaan pembelajaran literasi, numerasi, serta adaptasi teknologi di jenjang SD dan SMP.

Mengasah kepemimpinan, kreativitas, pemecahan masalah, dan inovasi langsung dari lapangan.

Mendapat bantuan biaya hidup dan UKT (bagi yang tidak sedang menerima bantuan dari pemerintah lainnya).

https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/

III. Pertukaran Pelajar